Cara membedakan Email Perusahaan Yang Asli dan Palsu???

Pada saat melamar kerja lewat gmail atau email para pemalar kadang susah atau sulit membedakan antara email perusahaan asli dan palsu. sebenarnya gampang bagi yang sudah berpengalaman, tapi bagi orang awam dan masih belajar meengirim lamaran ke email perusahaan. Ada beberapa tips yang bisa di pakai untuk membedakannya antara email perusahaan asli atau email perusahaan palsu.
Email Palsu

1. Perhatikan domain perusahaan

Contoh email perusahaan yang resmi biasanya pakai email yang berbayar seperti berdomain .co.id contohnya : Hr.recruitment@musashi.co.id , kemudian domian .com contohnya recruitment@excel-wheels.com . Beda cerita apabila email perusahaan menggunakan domain yang gratisan seperti gmail.com, yahoo.com, outlok.com dsb. bisa jadi email tersebut penipuan. Sebuah perusahaan besar bisanya menggunkan email yang berbayar bukan email gratisan.

2. Tidak Semua domain gratisan itu email penipuan

Sebuah perusahaan kadang juga untuk proses recruitment menggunakan gratisan seperti Contoh email perusahaan PT katolec indonesia : recruitment.katolec@gmail.com. Padahal menggunakan email gratisan tetapi email perusahaan itu benar, karena sudah terbukti pada saat panggilan di perusahaanya lansgung. Tapi tetap hati hati biasnya yang pakai email gratisan banyk penipuanya.

3. Tidak Semua Domain Berbayar Benar

Jangan menggangap email perusahaan yang berbayar itu 100 % benar, Kenyataanya banyk juga yang menggunakan email berbanyar pada saat panggilan kerja malah di ruko. Karena memebuat email premium gampang sekali seperti membuat domain sendiri menggunkan gsuite.google.com. Contoh email perusahaan yang asli Hr.recruitment@musashi.co.id kemudian penipu membuat email yang rada mirip jadi seperti Hr.recruitment@musashi.com. Hanya beda di .com dan di .co.id saja kita bisa terkecoh. Tetapi kebanyakan email berbayar adalah email asli perusahaan, tetapi tidak semuanya ya.

4. Cek Kebenaran Email perusahaan di website resminya

Misal menemukan sebuah email dimanapun contoh kalian menemukan email pt yanmar diesel indonesia yaitu  yadin-recruitment@yanmar.com, Jangan langsung percaya cek terlebih dahulu di website resminya, kalau website resminya pt yanmar di https://www.yanmar.com. kemudian klik menu karir disitu tertera email resminya. Apabila Sama emailnya otomatis sudah benar bisa kalian kirim. Apabila tidak sama ada potensi penipuan. Apabila tidak menemukan menu karir kemudian caranya bagaimana. Carilah menu kontak biasanya ada email perusahaan resminya. Kalau pt yanmar diesel indonesia contak emailnya yaitu info-yadin@yanmar.com. Yang kalian cek tulisan di belakang simbol (@), apabila sama berarti email tersebut benar. tapi kalau beda contohnya ko di website resminya @yanmar.co.id , email yang kalian temukan @yanmar.com maka email yang benar yaitu @yanmar.co.id, berarti email yang kalian temukan (@yanmar.com) adalah PENIPUAN. Karena sumber dari website yg resmi lebih kuat dari pada email yang kalian temukan.

5. Dari mana Sumber email perusahaan  berasal

Kalau tidak mau ribet cara paling gampang mengecek email perusahaan asli atau tidak yaitu di lihat dari sumber loker email tersebut. Mau email perusahaan itu gratisan atau berbayar (Premium) tidak masalah asalkan sumber email tersebut yang menginformasikan HRD Perusahaan tersebut. Sumber lowongan email perusahaan yang benar harus ada buktinya misal sumber loker tersebut harus ada Tanda tangan HRD, kualifikasi, dan kapan di buka lowongan di tutup. Apabila Sumber dari facebook misalnya cek apakah yang share lowongan hrd apa cuma tulisan, kalau cuma tulisan ga ada buktinya bisa jadi bukan hrd asli. Kalau hrd yang posting biasanya menginformasikan di halaman facebook perusahaan bukan akun pribadi. Apabila menemukan email di facebook kalian harus pastikan yang share email tersebut sudah panggilan dan sudah tes atau interview. Kalau belum tes lihat lokasi tes dimana apakah di perusahaan atau di ruko. Apabila menginformasikan panggilanya di perusahaan berti seumber tersebut sudah benar. 

6. Analisa saya pribadi

Apabila menemukan email perusahaan yang belakangnya .co.id 95 % email perusahaan tersebut benar. Apabila menemukan belakang @namaperusahaan.com Atau .Net .id  Dll yang bukan gratisan 50 % email tersbut benar. Apabila menemukan email belakangnya gmail.com, yahoo.com atau outlok.com 30 % email itu benar.

7. Lokasi Tes Psikotes Dan Interview

Pada saat kita udah terlanjur mengirim email dan akan panggilan cek juga lokasi tempat tesnya. Apabila di perusahaanya langsung berarti benar. Tetapi kalau di ruku bisa jadi penipuan. Tetapi kadang juga sebuah perusahaan apabila memanggil disuruh tes di konsultan, jangan mengganggap kalau tes bukan di pt langsung itu nipu. Banyak  perusahaan juga kalau tes bukan di perushaan langsung melainkan dialhikan ke konsultan. Apabila tes di konsultan cek dulu di google konsultan tersebut benar apa tidak.
   
Mungkin 7 point dahulu dari saya bagaimana cara membedakan Contoh email perusahaan yang asli dan palsu. Semoga kedepan para pelamar atau pencaker lebih jeli memilih email perusahaan yang asli atau palsu untuk mengirim lamaran kerja lewat gmail / email. Khusus pasukan random email tidak usah mikirin email asli atau palsu karena sudah ada grupnya. tinggal memerdalam lagi bagaimana mencari kerja yang benar sehingga tidak terjadi lagi namanya panggilan penipuan.

0 Response to "Cara membedakan Email Perusahaan Yang Asli dan Palsu???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel