CONTOH Soal Antonim dan Tips Agar Mudah Mengerjakannya Dengan Benar

Salah satu Tes Potensi Akademik (TPA) yang harus dikuasai adalah tes antonim. Kemampuan analisis dan ketelitian sangat diperlukan dalam mengerjakannya. Bagaimana contoh soal antonim, dan tips agar bisa mencapai nilai maksimal?

Manfaat dan Tujuan Tes Antonim

Antonim adalah kata yang mempunyai makna berlawanan. Jadi di dalam tes ini, Anda diharuskan mencari lawan kata dari pertanyaan yang disajikan. Seringkali peserta ujian terkecoh dengan jawaban dari pilihan ganda yang disediakan. Karena itu ketelitian, kecermatan dan ketepatan sangat dibutuhkan. Agar bisa menjawab soal secara cepat dan tepat.

Manfaat dan tujuan dari tes ini adalah sebagai penguji kompetensi verbal. Sekaligus untuk mengukur sejauh mana tingkat analisa dari peserta ujiannya. Nantinya, kalau sudah diterima sebagai pegawai atau karyawan kemampuan tersebut sangat dibutuhkan.

Sehingga bisa menganalisa setiap permasalahan yang terjadi dalam dunia kerjanya. Termasuk bisa mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan tersebut. Tes ini juga sekaligus untuk memastikan apakah seseorang sangat sesuai bidang akademik atau pekerjaan yang dipilihnya.

Tips Agar Dapat Nilai Maksimal Saat Tes Antonim

Supaya hasil tes lawan kata ini berhasil dengan nilai memuaskan, maka setiap pesertanya harus mengetahui berbagai tipsnya. Sehingga akan lebih mudah mengerjakannya dengan tenggat waktu yang lebih cepat. Karena dalam tes ini tidak hanya dibutuhkan ketepatan jawaban saja. Tetapi juga kecepatan dalam menyelesaikannya. Nah, apa saja tips yang bisa diterapkan.

-                      Cermati setiap pilihan ganda jawabannya. Kalau terdapat kata dengan makna berlawanan dengan kata pada soalnya, maka dapat dipastikan kalau itu jawabannya. Terkadang peserta terkecoh dengan menjawab kata bermakna berbeda atau melenceng, jadi bukan lawan katanya.

-                      Teliti dan fokus. Sering kali peserta terkecoh dengan menjawan sinonim atau persamaan katanya. Padahal yang dicari adalah lawan katanya, jadi tetap teliti dan fokus.

-                      Kalau katanya berasal dari serapan bahasa asing. Ketahui bahasa aslinya, dan artikan dalam Bahasa Indonesia, sehingga lebih tepat maknanya. Sehingga Anda mudah mencari lawan katanya. Karena itu pengetahuan terkait kata-kata serapan dari berbagai bahasa sangat diperlukan.

-                      Jangan tegang, hadapi tes dengan rileks. Karena tes dibatasi waktu dengan jumlah soal yang terbilang banyak, biasanya peserta tes menjadi gugup dalam mengerjakannya. Sehingga dirinya tidak bisa konsentrasi. Karena itu, perbanyaklah latihan sebelum menghadapi tes yang sebenarnya. Sangat banyak buku dan informasi di internet terkait contoh soal antonim.

Beberapa Contoh Tes Antonim

Soal tes antonim pada umumnya disuguhkan dalam bentuk pilihan ganda. Biasanya sudah tersedia lima pilihan jawabannya. Anda tinggal memilih salah satunya yang dianggap paling benar. Berikut ini beberapa contoh dari soal tes lawan kata.

Antonim dari Heterogen

a.             Homogen

b.            Aneka macam

c.             Halogen

d.            Beragam

e.             Bervariasi

Apa jawabannya? Heterogen maksudnya adalah banyak jenisnya, beragam, bermacam-macam atau bervariasi. Jadi kata yang sangat jelas beda artinya adalah halogen dan homogen. Namun, halogen adalah salah satu dari jenis gas. Tetapi kalau homogen maksudnya adalah terdiri atas unsur atau tipe yang sejenis atau sama. Jadi, homogen merupakan lawan kata yang lebih tepat dari heterogen.

Contoh lainnya adalah antonimdari kata “muskil”

a.             Lekas

b.            Tangkas

c.             Mungkin

d.            Rajin

e.             Hampa

Kata “muskil” kurang familiar sebagai bahasa sehari-hari. Arti dari kata ini adalah pelik, sulit atau sukar. Arti dari lekas adalah segera. Cekatan adalah arti dari tangkas. Rajin artinya adalah giat. Sedangkan hampa maksudnya adalah kosong. Nah, jadi antonim dari muskil adalah mungkin.


Itulah beberapa contoh soal antonim. Tentunya masih banyak contoh soal yang bisa dijadikan bahan latihan. Sehingga Anda terbiasa dengan soal dan jawabannya yang paling tepat.

0 Response to "CONTOH Soal Antonim dan Tips Agar Mudah Mengerjakannya Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel