Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INILAH Beberapa Tips Mengerjakan Tes Psikotes



Tes psikotes diterapkan perusahaan besar dalam rekruitmen karyawannya. Konsentrasi tinggi dan ketelitian sangat dibutuhkan. Agar bisa mendapatkan penilaian bagus, dan lolos seleksi pegawai baru. Nah, apa saja tips mengerjakan tes psikotes?

Tips Mengerjakan Tes Psikotes

Berdoa Sebelum Mengerjakan Tes Psikotes

Sangat penting untuk senantiasa melibatkan Sang Pencipta dalam mengerjakan tes ini. Sehingga berbagai kesulitan yang dihadapi akan lebih dimudahkan. Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mengejakannya, dan mendapatkan penilaian yang sesuai dengan harapan perusahaan. Jadi, jangan pernah lupakan tahapan ini, baik sebelum menghadapi tesnya dan ketika tes akan berlangsung.

Perbanyak Latihan Agar Lebih Siap Hadapi Psikotes

Supaya saat menghadapi psikotes sesungguhnya Anda lebih siap, maka dibutuhkan latihan yang memadai. Caranya dengan sering mengerjakan beragam soal psikotes. Anda bisa mendapatkan berbagai contoh soalnya, dengan membeli buku terkait soal-soal psikotes. Jenis buku ini sangat banyak pilihannya di toko buku.

Bahkan Anda juga bisa mendapatkan berbagai soal psikotes secara online. Tidak hanya menyediakan soal dan pilihan gandanya saja. Tetapi juga ditampilkan jawaban serta penjelasannya. Jadi Anda bisa menjadikannya sebagai bahan belajar yang memadai. Secara umum, pola soal psikotes adalah sama. Karena itu, pengetahuan dan ketelitian sangat diperlukan untuk menentukan jawaban yang tepat.

Selalu Optimis dan Percaya Diri

Kalau sudah sering berlatih dengan mengerjakan banyak soal psikotes, maka rasa optimis dan percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya. Tetapi bukan berarti meremehkan tes ini. Namun, Anda akan merasa lebih siap secara mental untuk menghadapi tahapan tes tersebut. Kalau sudah begini, maka Anda akan merasa tenang dalam mengerjakan setiap soal yang diberikan.

Hadapi Tes dengan Konsentrasi Penuh

Supaya lebih tepat dalam menjawab setiap soal yang diberikan, Anda sangat memerlukan konsentrasi tinggi, ketenangan dan ketelitian. Karena itu, pastikan tips mengerjakan tes psikotes tersebut sudah mampu dikuasai. Supaya bisa menjawab setiap pertanyaan dengan lebih yakin.

Jangan Gugup

Jumlah soal yang relatif banyak dan batasan waktu yang terkesan sebentar, sering kali membuat peserta tes ini merasa gugup. Sehingga semua yang dipelajari menguap tak teringat lagi, dan tidak tenang dalam mengerjakannya. Akibatnya jawaban yang diberikan tidak sesuai. Bahkan tidak terjawab sama sekali. Terapkan segala tips di atas, agar Anda tidak tegang atau gugup dalam menjalani tes tersebut.

Pahami Berbagai Tipe Soal Psikotes

Jenis soal psikotes sangat banyak ragamnya, seperti tes logika aritmatika, tes logika penalaran, analog verbal test, pauli atau kraeplien, wartegg test, draw a man test (DAM), army alpha intelegence test, menggambar pohon, dan EPPS (Edwards Personal Preference Schedule). Agar keseluruhan tes bisa dikerjakan dengan optimal, maka pahami maksud dan tipsnya.


Seperti pada tes logika penalaran. Pertanyaan dalam tes ini terdiri dari deretan gambar dalam dua dimensi atau tiga dimensi. Tujuan dari tes ini adalah mengukur kemampuan untuk memahami berbagai macam pola atau kecenderungan dari gambar. Supaya Anda bisa memprediksi dengan memanfaatkan pola-pola tersebut.

Tes tersebut hampir mirip dengan tes logika aritmatika. Hanya saja bedanya menggunakan deretan angka. Saat mengerjakan tes ini, Anda jangan sampai hanya terpaku dengan 3-4 deret angka paling depan saja. tetapi harus mencermati keseluruhan angkanya. Biasanya pola angka ini bisa berupa pengelompokan lompat, dan urutan.

Tips mengerjakan tes psikotes jenis ini adalah Anda harus teliti, hati-hati dan konsentrasi. Sebab biasanya berbagai bentuk gambar yang disuguhkan sekaan serupa bentuknya. Tapi sebenarnya tidak sama, karena terdapat berbagai perbedaan. Kecepatan dalam menjawab semua soalnya juga diperhitungkan. Jadi jangan terlalu lama dalam analisa dan menentukan jawabannya.