Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Pertanyaan Interview User yang Paling Sering Ditanyakan

pertanyaan interview user dalam sebuah rangkaian rekruitasi pekerjaan sering kali membuat calon tenaga kerja menjadi takut. Bagi anda yang sedang menghadapi wawancara ini, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.


Pertanyaan mengenai diri anda

Salah satu hal yang paling sering di bahas dalam interview user adalah mengenai bagaimana kita melihat diri kita. hal ini merupakan suatu hal yang dilakukan oleh interviewer untuk melihat apakah anda cocok dengan pekerjaan yang sedang ditawarkan oleh perusahaan. oleh karena itu jika interviewer meminta anda untuk menceritakan mengenai diri anda jawablah mengenai kepribadian anda dan juga hal apa yang sudah anda lakukan yang membuat mengindikasikan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang ditawarkan untuk anda tersebut. misal pengalaman anda pada bidang yang serupa dan hal-hal lainnya yang akan menarik interviewer supaya lebih mudah mengenali anda pada saat akhir memutuskan siapa saja yang akan direkrut.

Pengetahuan mengenai posisi yang dilamar

pertanyaan interview user yang sering kali ditanyakan selanjutnya adalah mengenai pengetahuan anda mengenai posisi yang anda lamar. Jika anda ditanyai mengenai hal ini, apa yang harus anda jawab? yang harus anda jawab tentunya bukan mengenai deskripsi posisi yang anda lamar, lalu apa? Jika ditanyai mengenai posisi yang sedang anda lamar, jawab mengenai ketertarikan anda pada posisi ini mengapa posisi tersebut membuat anda tertarik. Misalnya anda melihat saudara anda bekerja di perusahaan dengan posisi yang sama dan memiliki rutinitas yang menarik dan membuat anda ingin bekerja seperti saudara anda tersebut. ceritakan hal-hal yang membuat anda terkesan memiliki passion dalam bidang pekerjaan tersebut supaya interviewer melihat bahwa anda adalah orang yang siap untuk posisi yang ditawarkan oleh perusahaan.

pengetahuan mengenai perusahaan

pertanyaan interview user selanjutnya yang sudah sering kali ditanyakan adalah mengenai pengetahuan anda mengenai perusahaan. pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang dibuat untuk melihat sejauh mana kesamaan misi dan visi yang anda miliki dengan perusahaan. anda bisa mengetahuinya dari halaman about yang dimiliki oleh perusahaan. membacanya akan membuat anda lebih mudah mempersiapkan diri untuk pertanyaan ini.

mengapa perusahaan harus memilih anda untuk pekerjaan tersebut

bagi sebagian orang pastinya akan merasa terintimidasi dengan pertanyaan ini. tapi jangan mudah berkecil hati, sebetulnya pertanyaan yang mengintimidasi ini malahan merupakan waktu yang tepat untuk anda menawarkan skill yang anda miliki pada calon atasan anda. bagaimana skill yang anda miliki dapat membantunya mencapai tujuan dari posisi yang sedang anda lamar.

Bukan hanya skill yang anda miliki, selain skill tersebut anda juga bisa menjual diri anda dari segi kemampuan adaptasi dan kecocokan anda untuk bekerja dalam tim dan dalam kebudayaan perusahaan tersebut. hal ini akan menjadi tawaran yang menarik untuk pihak interviewer.

Kelemahan dan kekuatan

pertanyaan interview user yang satu ini adalah merupakan pertanyaan yang ditujukan untuk melihat kekuatan kandidat dalam bekerja. Misalnya anda melamar posisi design grafis, jangan jawab kelebihan anda dengan bangun pagi atau tidak pernah terlambat masuk kerja. Hal ini tidak relevan, bukan hal tersebut ingin didengar oleh interviewer. Jawablah dengan kelebihan paling kuat yang relevan dengan posisi yang anda lamar misalnya menguasai banyak software design dan mampu belajar dengan cepat mengenai software design baru. hal ini akan terlihat lebih menarik.

jika pertanyaan interview user mengenai kelemahan bagaimana? Jika ditanya mengenai kelemahan, jawaban paling baik adalah mengenai kelemahan dan cara anda untuk mengatasi kelemahan tersebut.