Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Lolos Wawancara

Kiat Lolos WawancaraBanyak orang merasa cemas ketika akan menjalani wawancara kerja. Memang, sebelum dan saat menjalaninya lazim ada kecemasan yang mengganggu. Tentu saja, tingkat kecemasan berbeda setiap orang, tapi ada juga yang terjebak bahkan gugup hingga tidak bisa berfikir apapun. Bagaimana dengan anda ???

Jika anda merasakan kecemasan luar biasa sehingga tak bisa menunjukan kemampuan terbaik saat wawancara, ada beberapa langkah yang anda lakukan agar bisa tenang atau setidaknya tak terlampau tegang. berkurangnya ketegangan bisa membantu percara diri yang lebih tinggi.

1. Banyak Berlatih
Suasana asing saat menjalani wawancara atau interview bisa anda kurangi jika anda berlatih wawancara sesering mungkin. Latihan demi latihan yang anda jalani membuat anda lebih siap dan semakin tahu apa yang harus di lakukan dan katakan dalam sebuah interview. dengan cara ini,Anda juga lebih tahu kekurangan diri yang pada kesempatan lain bisa di hindari atau malah kelebihan yang bisa di tingkatkan.

2. Melakukan Banyak Persiapan

Persiapkan Diri anda sebaik mungkin sebelum menjalani interview kerja. Persiapan yang dilakukan meliputi pengetahuan, kemampuan, serta penampilan anda. Semakin baik anda mempersiapkan diri semakin besar pula kemungkinan anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang di lontarkan pewawancara dengan keyakinan penuh.Bagian awal dari wawancara merupakan saat yang penting. Jika anda pada bagian tersebut sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan keyakinan tinggi, rasa percaya diri anda juga akan semakin meningkat. Sebaliknya, Jika bagian awal wawancara kerja anda sudah merasa serba salah dan cemas, semakin lama semakin sulit anda mwnjawab dengan baik.

Saat melakukan persiapan yakinlah tentang tiga hal :
A. Anda bisa melakukan pekerejaan tersebut.
B. Anda bisa menyesuaikan diri dengan tugas tugas yang akan diberikan.
C. Anda bisa melakukan semuanya dengan baik.

3.Jangan Berfikiran Pekerjaan Itu Merupakan yang Terbaik

Jika anda perfikir bahwa pekerjaan yang sedang berusaha anda dapatkan ini merupakan yang terbaik dan kesempatan hanya satu kali, tingkat kecemasan yang dirasakan justru akan meningkat sebaliknya, tak perlu memberikan penilaian yang berlebihan sebelum anda benar benar tahu dan memulai pekerjaan tersebut.
anda belum tentu akan menyukai pekerjaan yang bahkan belum anda lakukan. Selain itu, kesempatan yang lebih baik bisa saja datang kepada anda di lain waktu, jadi lebih baik bersikap tenang sangat di anjurkan.

4. Tak Perlu Menjawab Dengan Jawaban Sempurna

Memikirkan sesuatu jawaban yang sempurna saja tentu sudah membuat seseorang "pusing", Belum lagi jika anda berusaha mendapatkan jawaban tersebut secara spontan saat pertanyaan di lontarkan.hal ini justru akan meningkatkan kecemasan anda. Padahal, apa yang menurut anda sempurna belum tentu di anggap
seperti itu oleh si pewawancara. cukup siapkan jawaban yang berisi poin-poin penting saja.
5. Jangan Rendah Diri

Kecemasan justru bisa semakin meningkat saat perasaan rendah diri memenuhi benak anda. Hindari pikiran-pikiran negatif seperti " saya tak cukup pintar " atau " saya kalah hebat di bandingkan kandidat lain ". Akan lebih baik apabila anda memusatkan perhatian pada kelebihan kelebiahan yang anda miliki. Jangan memenuhi pikiran anda dengan pesaing-pesaing yang tak mungkin bisa di ubah.


Nah, kini anda tentu saja siap melakukan wawancara kerja. SEMOGA BERHASIL !!