Contoh Pertanyaan Interview Atau Wawancara Beserta Cara Menjawabnya

WAWANCARA …………..
BUKANLAH SESUATU YANG SULIT
TETAPI BUKAN UNTUK DIREMEHKAN


Orang tidak akan melihat & mendengar jawaban Anda; tetapi akan melihat apa yang tersembungyi dibalik jawaban Anda!

PENYAKIT WAWANCARA

1. ASMA (Asal Menjawab).
2. PEGAL (Pakai Gaun Asal Lengkap).
3. MUNTAH (Mudah Nerveous, Takut dan Menyerah).
4. MIGREN (Minta Gaji terlalu Rendah).
5. PUSING (Pakai Ungkapan Singkat).
6. SEMBELIT (Senyum Mahal Berbicara Sulit).
7. KURAP (Kurang Rapi dalam Pakaian).
8. KUTIL & KADAS (Kurang Terampil & Kurang Dewasa Sikap).

BAGAIMANA MENGKOMUNIKASIKAN DIRI DALAM WAWANCARA AGAR ORANG TERTARIK DAN TERKESAN DENGAN ANDA?

JANGAN ANDA…………….
Menceritakan ciri-ciri atas diri terlalu jelas (mis: saya anak ke-2, ortu wiraswasta, saya tinggal di desa, dst).
Mengatakan dirinya dengan kata “AKU”.
Membawa tas ransel, memakai jas almamater, memakai hitam-putih.
Bermain pulpen, bermain tangan, merunduk.
Memperolok mantan bos, mantan tempat kerja.

YANG TIDAK DISARANKAN DALAM WWCR Dalam wawancara tidak ada jawaban yang BENAR 100%; tetapi yang ada adalah JAWABAN YANG TEPAT.

Mengapa Anda memilih “PT X”?

Bagi saya setiap kesempatan dan peluang yang ada harus saya manfaatkan dengan baik, karena kesempatan tidak akan datang dua kali. Saya yakin “X” akan membuat saya lebih baik.

Saya ingin berkembang dan meningkatkan kualitas diri dan kinerja saya. Dan “X” saya pilih karena saya yakin saya bisa mencapai hal itu.

Karena saya yakin dengan “X” saya bisa mendapatkan harapan lebih baik untuk masa depan saya. Dan semua itu tergantung bagaimana kinerja saya di “X”.

Bagi saya “X” merupakan salah satu pilihan untuk masa depan. Dan karena saya telah memilih, maka saya harus dan berkewajiban mencurahkan kemampuan saya untuk “X” dengan penuh tanggungjawab.

Apakah Anda Siap Bekerja

1.Sebagai pegawai, maka saya harus mengikuti semua ketentuan dan standar kinerja yang telah ditetapkan oleh    perusahaan tempat saya bekerja. Termasuk juga kewajiban kerja Lembur.

2.Saya siap melaksanakan kerja lembur, dan yang tepenting bagi saya adalah bagaimana saya mampu memanfaatkan    waktu selama saya kerja tersebut dengan produktifitas yang tinggi.

3.Saya siap bekerja lembur, karena dengan kerja tersebut, kita bisa lebih produktif dan bisa memenuhi kebutuhan    konsumen. Dan bagi saya kerja ini amanah, maka saya harus memenuhi kewajiban itu.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

1. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, yang terpenting bagaimana saya memanfaatkan kelebihan untuk mendukung perusahaan dan bagaimana saya mengatasi kekurangan yang ada pada diri saya, misalnya: jika saya pelupa, maka saya harus terbuka untuk diingatkan.

2. Saya menguasai ketrampilan komputer dengan baik. Saya menyadari bahwa saya memiliki kekurangan; tetapi saya berusaha lebih baik. Jika saya pelupa saya siap diingatkan, jika saya kurang teliti, saya siap dikoreksi dan jika saya kurang disiplin, saya siap ditegur dan diberi sangsi.

Berapa Gaji yg. Anda Harapkan?

1. Menurut UMK di Pasruaun 556 ribu rupiah, tetapi saya akan selalu mengikuti sistem dan ketentuan yang ada diperusahaan ini dan saya akan tetap berusaha untuk berprestasi.

2. Kurang lebih 750 ribu rupiah, tetapi berapapun gaji saya nanti ditentukan oleh kinerja saya nanti di perusahaan. Dan  saya siap mengikuti semua ketentuan yang ada diperusahaan.

3.Kurang lebih 750 ribu rupiah, dan saya akan selalu mengikuti ketentuan perusahaan. Berapa jumlah gaji merupakan hubungan timbal balik dengan kerja, jika saya bekerja baik, maka gaji saya akan lebih baik.

Apakah Ada yang ditanyakan?

1. Menurut saya cukup, dan jikalau saya mendapatkan       kesempatan bekerja, saya akan bekerja dengan bertanggungjawab dan amanah.

2.Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk wawancara hari ini, sangat besar pelajaran yang saya peroleh dari pengalaman hidup saya hari ini. Saya siap untuk bekerja dengan baik.

3.Jika saya bekerja, sebagai pegawai baru, saya akan lebih banyak jemput bola agar saya bisa bekerja lebih cepat dan bisa beradaptasi dengan baik.

4.Saya siap untuk bekerja dan dievaluasi setiap waktu, dan jika saya bekerja di “X” maka saya akan dedikasikan kemampuan saya dengan baik untuk perusahaan.

Jika ANDA DITERIMA di perusahaan ini; apa obsesi Anda ke depan?

Sebagai Karyawan maka saya harus pandai bersikap dan berperilaku dengan baik, saya harus belajar cepat untuk beradaptasi dan berinisiatif untuk bertanya jika ada kesulitan. Saya harus aktif bukan pasif, saya harus menghindari jadi outsider/pengamat, tetapi saya harus terlibat.


Jika pada saat seharusnya Anda sholat Jum’at, kemudian Anda kebagian shift kerja, bagaimana sikap Anda?
Sholat Jum’at adalah kewajiban saya, tetapi kerja adalah amanah yang harus saya kerjakan dengan tanggungjawab. Saya akan berusaha bekerja lebih keras agar saya bisa menuntaskan pekerjaan itu dan saya bisa tetap melaksanakan sholat Jum’at, dan jika saya bisa mengatur dengan tim tanpa mengurangi produktifitas saya akan bertukar shift, Jikalau saya tidak bisa bertukar maka saya akan tentukan dan diskusikan prioritas yang harus saya dahulukan. Saya yakin akan ada solusi terbaik bagi saya.

SELAIN ANDA MELAMAR DISINI; di mana Saja Anda Saat ini Melamar?

Melamar adalah bagian dari upaya saya untuk mendapatkan peluang, dan yang terpenting bagi saya bahwa jika saya telah mendapatkan pekerjaan di perusahaan Bapak ini, maka saya harus memiliki komitmen dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan dengan bekerja tulus dan bekerja produktif.




 



0 Response to "Contoh Pertanyaan Interview Atau Wawancara Beserta Cara Menjawabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel