Kunci Sukses Melamar Pekerjaan

Surat lamaran lebih baik terkesan profesional yaitu harus khusus ditujukan untuk perusahaan yang dituju. Hindari membuat surat lamaran kerja yang standar atau meniru mentah-mentah dari referensi yang pernah anda baca. Jika anda mengajukan lamaran kerja menggunakan email, hati-hati menggunkan CC. Surat Lamaran masal akan langsung terdeteksi atau ketahuan. Akibatnya anda terkesan tidak sungguh-sungguh ingin bergabung ke perusahaan tersebut. Untuk menghindari kemungkinan terburuk itu, Anda sebaiknya menggunakan BCC. Cek sekali lagi alamat dan isi surat lamaran untuk menghindari keslahan ketik.

Usahakan anda selalu melamar sesuai dengan anda minati atau sesuai dengan kemampuan anda,contoh sesuai dengan skill anda atau pengalaman kerja sebelumnya. Disarankan tidak menulis lamaran menggunakan tulisan tangan kecuali apabila di minta untuk menulis lamaran dengan tulisan tangan. Selalu tunjukan surat kepada seseorang, bukan hanya nama perusahaan saja. tuliskan nama atau jabatan yang spesifik.

Usahakan isi surat singkat dan tampilannya menarik hrdnya. Perhatikan tata bahasa surat lamaran supaya pesan menjadi jelas. minimalkan kesalahan ejaan atau tata bahasa dalam menulis surat lamaran. Sebaiknya tidak ada koreksi apapun seperti tip-ex atau perbaikan lain menggunakan pensil atau bolpoint. Lebih baik ganti dengan kertas baru jika terjadi kesalahan ketik atau kertas terlalu kotor supaya lebih elegan dan spesial anda bisa memakai jenis kertas 80 gram yang bermotif tapi masih tampak putih dan bersih

Surat lamaran maksimal hanya satu halaman sertai dnegan resume / CV (Curriculum Vitae) . Dua jenis surat ini harus memberikan kesan pertama yang positif tentang anda. Jika melamar di posisi yang menurut kreatifitas (misal desain grafis,arsitek,desain interior atau menchendiser) maka anda bisa mengeklporasi bentuk surat yang lebih unik tanpa meninggalkan pesan surat yang utama.

Resume / CV / Daftar Riwayat Hidup anda sebaiknya menjelaskan secara detail tentang latar belakang pendidikan, ketrampilan yang anda miliki, penagalaman kerja ( full time, part time, atau freelance), aktifitas (organisasi,olahraga) dan prestasi (sekolah dan luar sekolah) yang pernah di raih. Tunjukan kredibilitas dan integritas melalui CV dan hindari kesan main-main. Ciri resume atau daftar riwayat hidup yang baik adalah yang rapi, sederhana, jujur dan akurat. Susun secara sistematis agar penyampaian informasi jelas, mudah dibaca dan menarik. Berikan jarak (margin) pada semua sisi resume sebesar 1". Bagian putih ini membuat resume anda terlihat bersih sehingga tingkat keterbacaannya tinggi, bagian putih ini juga memberikan tempat bagi calon atasan untuk membubuhkan catatan langsung disitu dan jangan lupa pilih jenis kertas dan tinta yang sesuai dengan surat lamaran.

Baca dan perikasa ulang surat lamaran beserta daftar riwayat hidup / resume. Pastikan tidak ada keslahan tipo grafis, tata bahasa,/grammar, bahasa yang di ulang-ulang / repetif,layout,yang kurang rapi (miring dan tidak lurus) ataupun kesalahan lainnya. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan anda kehilangan kesempatan penting untuk memperoleh pekerjaan.        
     

0 Response to "Kunci Sukses Melamar Pekerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel