Tes Gambar Psikologi untuk Seleksi Karyawan dan Cara Mengerjakannya

Di dalam tes seleksi karyawan sebuah perusahaan, tes psikologi adalah salah satu tahap yang pasti tidak pernah terlewatkan. Sebagai bagian dari tes psikotes, hasilnya akan digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui kepribadian dan karakter pelamar. Nah, jenis dari tes psikotes ini ada berbagai macam dan salah satunya adalah tes gambar psikologi. Berikut ini akan disinggung beberapa contoh tes psikotes gambar beserta tips agar Anda sukses mengerjakan tes secara keseluruhan.

Tes Wartegg

Jenis tes yang satu ini dikembangkan oleh seorang psikolog asal Jerman, yaitu Ehrig Wartegg. Anda akan menemukan 8 buah kotak yang menunjukkan gambar yang berbeda-beda di dalam tes Wartegg. Gambar di dalam masing-masing kotak menunjukkan bentuk-bentuk sebagai berikut:

· Titik.

· Garis lurus berjejeran.

· Garis lengkung.

· Kotak hitam kecil.

· Titik-titik melingkar.

· Dua garis yang posisinya tegak lurus satu sama lain.

· Dua garis yang posisinya tidak beraturan.

Kemudian, Anda akan diminta untuk menggambar berdasarkan bentuk-bentuk yang ada di dalam kotak itu dan menuliskan urutannya. Anda juga akan diharuskan untuk menulis nomor gambar yang paling Anda suka, paling Anda tidak suka, paling sulit menurut Anda, dan paling mudah menurut Anda. Secara umum, penilaiannya didasarkan pada imajinasi, emosi, aktivitas subjek, dan intelektual.


Trik mengerjakan Tes Wartegg: Apapun yang Anda gambar akan menunjukkan tingkat IQ atau intelegensi, beserta kepribadian Anda. Apabila apa yang Anda gambar menunjukkan sesuatu yang terlihat umum dan biasa saja, maka penilaiannya akan berbeda jika dibandingkan dengan sebuah gambar yang menunjukkan sesuatu yang orang lain tidak pikirkan.

Di sini, kreativitas Anda akan diuji. Seperti apakah Anda mampu untuk mengembangkan sesuatu yang sudah ada atau biasa, dan kemudian menjadi sebuah ide baru atau hal yang tidak biasa. Atau, apakah Anda hanya mengikuti hal-hal yang sudah biasa.

Untuk menghadapi tes ini, Anda bisa siap-siap mulai sekarang. Misalnya, dengan banyak-banyak menggambar agar Anda bisa menuangkan imajinasi Anda di atas kertas. Jadi, saat tiba saatnya untuk mengerhakan tes Wartegg, Anda pun tidak kebingungan.

Tes DAM atau Draw A Man

Pada tes ini, Anda akan diminta untuk menggambar seseorang. Kemudian, Anda juga perlu mendeskripsikan jenis kelaminnya, usia, serta aktivitas apa yang sedang orang di dalam gambar Anda lakukan. Kegunaan dari tes DAM ini adalah untuk mengentahui tingkat ketahanan kerja, kestabilan, kepercayaan diri, serta tanggung jawab pelamar kerja.

Trik mengerjakan tes DAM: Mulai berlatih menggambar orang dari ujung kaki sampai ujung kepala, termasuk detail-detail wajah mulai dari sekarang.

Tes BAUM atau Tes Menggambar Pohon

Tes tes gambar psikologi ini memang terlihat sangat mudah. Tapi, rupanya hasilnya bisa menunjukkan seperti apa etos kerja Anda. Apakah Anda tidak sabaran atau suka menunda-nunda pekerjan. Hasil dari tes ini sendiri akan dikonfirmasi dengan hasil dari tes lain maupun wawancara lanjutan karena penguji akan menggunakan interpretasi mereka.

Trik mengerjakan tes BAUM: Berlatih menggambar pohon dengan mendetail, seperti akar, batang, daun, cabang, dan buah atau bunga. Anda bisa gunakan foto sebuah pohon sebagai contoh atau referensi.

Anda tidak perlu jago gambar untuk lolos tes psikotes gambar. Yang penting, Anda tahu apa yang ingin Anda gambar dan melakukannya dengan sebaik mungkin. Dan lebih baik lagi kalau Anda bisa menggambar dengan mendetail. Yang penting adalah Anda paham instruksinya terlebih dahulu dan menggambar sesuai yang diminta. Misalnya, jangan sampai Anda mengerjakan tes BAUM tapi tiba-tiba ada gambar rumah

0 Response to "Tes Gambar Psikologi untuk Seleksi Karyawan dan Cara Mengerjakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel