Tips Memberikan Jawaban Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja di Sini

Jawaban interview kenapa Anda ingin bekerja di sini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan saat interview kerja sebab pertanyaan ini sering menjebak. Berikut beberapa tips untuk menjawabnya. 

Hindari jawaban yang terlalu pribadi maupun umum

Dalam proses interview, tujuan pewawancara adalah mencari calon pekerja yang paling baik sehingga berbagai pertanyaan yang menjebak akan diberikan untuk mengeliminasi Anda. Untuk itu, ketika ditanya tentang alasan memilih suatu pekerjaan, hindari jawaban yang terkesan hanya memberikan dampak untuk pribadi seperti “karena saya membutuhkan uang” atau “teman saya yang bekerja di perusahaan ini mendapatkan gaji yang besar sehingga membuat saya tertarik”. Jawaban yang terlihat biasa ternyata bisa menjerumuskan Anda pada tahap eliminasi sebab alasan hanya berkisar pada diri atau keuntungan yang didapat secara pribadi. 

Selain itu, jangan menjawab pertanyaan tersebut dengan alasan yang terlalu umum seperti “saya memenuhi persyaratan sebagai karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan” atau “saya ingin berkontribusi untuk perusahaan ini”. Meski jawaban ini terdengar lebih baik, namun sebenarnya jawaban tersebut hanya berfungsi sebagai pemanis dan orang bisa memakainya untuk memberi alasan ketika melamar di semua perusahaan. 

Kenapa Tipe-Tipe Jawaban Itu Salah?

Dengan tipe-tipe alasan tersebut, HRD tidak akan tertarik dengan Anda karena jawaban tersebut tidak berkaitan dengan mereka. Jawaban yang cenderung menunjukkan pada keuntungan yang Anda peroleh secara pribadi memang seringkali tidak terlalu dipedulikan oleh pihak HRD. Suatu perusahaan atau tempat kerja memang menginginkan karyawan untuk menjalankan pekerjaan dengan nyaman dan senang, namun mereka akan lebih fokus pada keuntungan apa yang bisa diperoleh ketika pelamar nantinya bekerja di perusahaan tersebut. 

Sementara itu, jawaban yang terlalu umum tidak menunjukkan pemahaman yang bagus terkait dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Pihak HRD tentu ingin mengetahui seberapa tertarik Anda pada posisi pekerjaan yang akan dilamar. Jawaban yang umum dan tidak detail mengurangi kesan pada hal tersebut. 

Lakukan persiapan sebelum interview

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi interview atau hanya sekedar membangun jaringan adalah lebih mengenali diri sendiri. Anda harus tahu apa saja yang bisa Anda tawarkan serta feedback yang bisa diberikan kepada perusahaan setelah nantinya diterima sebagai karyawan di sana.

Tak hanya lebih mengenali diri sendiri, Anda juga harus mengenali perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Carilah info sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut seperti produk, budaya kerja, dan tantangan yang kerap dihadapi. Anda pun bisa memberikan alasan kenapa Anda termasuk kandidat potensial untuk perusahaan tersebut. 

Selain perusahaan, carilah info lebih spesifik tentang posisi pekerjaan yang akan dilamar. Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan internet lewat,misalnya Linkedln, untuk mencari informasi tentang profil perusahaan, profil staff dan informasi yang berhubungan dengan tempat kerja. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengetahui tentang profil para staff yang sudah bekerja pada divisi atau posisi yang akan Anda tempati. Dengan informasi ini, Anda bisa mencari tanggung jawab pekerjaan yang nantinya harus Anda lakukan serta grup Linkedln mana yang bakal Anda masuki. Jika tak terbiasa menggunakan Linkedln, maka Anda bisa menggunakan mesin pencari sejuta umat “Google” untuk mencari banyak info tentang posisi yang Anda minati

Nah, segala persiapan di atas memang sebaiknya dilakukan sebelum Anda menghadapi proses interview di mana Anda melamar suatu pekerjaan. Hal ini karena beberapa persiapan tersebut akan membantu Anda untuk memberikan jawaban jawaban interview kenapa Anda ingin bekerja di sini. 

0 Response to "Tips Memberikan Jawaban Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja di Sini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel