Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Gaji Yang Anda Inginkan ???

Pertanyaan gaji biasanya muncul pada saat interview, kadang bingung mau jawab berapa karena secara logika kita ingin gaji yang besar tetapi apabila kita sebutkan gaji yang terlalu besar juga akan gagal karena skil yang kita miliki tidak sesuai gaji.

Ada beberapa jawaban yang bisa teman-teman tiru apabila interview dan mudah mudahan bisa lolos. Jawaban ini saya dapatkan dari berbagai informasi yang saya dapat dari teman-teman yang sudah pernah tes di perusahaan.

Apabila lulusan SMK/SMA fresh graduate/ baru lulus untuk main aman jawab saja Sesuai UMK/UMR Kota/Kabupaten perusahaan yang akan di lamar. Akan tetapi harus inget teman-teman harus tahu UMK/UMR berapa terlebih dahulu. Kadang di tanya lagi nominal berapa juta, maka dari itu harus hafal dulu UMK berapa. Untuk jawaban seperti ini biasanya aman untuk lulusan baru. Ada sebuah pengalaman seorang teman menyebutkan gaji yang di inginkan adalah 10 juta padahal UMK tidak sampai segitu, otomatis bisa membuat anda gagal. 

Untuk Lulusan D3/S1 fresh graduate saran saya jawab sesuai kebijakan/peraturan perusahaan untuk masalah gaji. Tetapi untuk lulusan D3/S1 biasanya gaji negosiasi akan tetapi apabila belum pernah bekerja di perusahaan sebelumnya untuk nego gaji yang tinggi rada tidak aman. Main aman karena baru lulus jawab saja sesuai kebijakan perusahaan.

Untuk Pelamar Yang sudah Berpengalaman kerja biasanya ada negosiasi gaji apalagi untuk lulusan D3/S1 tetapi untuk lulusan SMK jarang ada nego gaji walaupun ada tetapi harus punya pengalaman seperti maintenance atau teknisi. Tipsnya gimana untuk gaji yang di inginkan saran saya mintalah gaji lebih tinggi dari perusahaan sebelumnya, kemudian jangan terlalu tinggi dari gaji sebelumnya. Contoh gaji perusahaan sebelumnya 5 juta kemudian pada saat lamar ke perusahaan baru 10 juta, terlalu tinggi naiknya. mending naikin sedikit saja main amannya. 

Itulah cara menjawab masalah interview pertanyaan gaji yang di inginkan / gaji yang diharapakan. Mungkin itu bisa membantu kalian,apabila ada yang lebih bagus lagi jawabanya bisa tambahkan di kolom komentar. Pertanyaan seperti ini bukan seperti matematika yang pasti tapi bisa berubah ubah. Terkadang jawaban yang aneh bisa membuat anda lolos juga.