Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja sih Jenis PSIKOTES ??? Berikut 6 Jenis Tes Yang Harus Diketahui

Sebelum masuk sebuah perushaan yang kita inginkan, bisanya kita di wajibkan mengikuti tes seleksi masuk kerja. Berbagai macaam jenis soal psikotes berbeda beda antara perusahaan satu dengan yang lainya.

Kadang kita bertanya dalam hati buat apa si masuk kerja harus ada psikotes dulu???. Psikotes merupakan sebuah jenis tes untuk mengetahui karakter psikologi, kepribadian, potensi diri bahkan untuk mengetahui kecerdasan calon pemalar. Adapun jenis tes yang saya bahasa ada 6 yaitu :

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes ini berfungsi untuk mengukur kemampuan calon pemalar di bidang pemahaman tentang bahasa. Contohnya yaitu tes sinonim dan antonim, analogi kata, acak kata,pengelompokan kata, tes idiom, tes pemahaman wacana dan tes ejaan kata.

2. Tes Kemampuan Numerik

Tes Ini Berfungsi untuk mengukur kemampuan calon pelamar di dalam hitung menghitung. Contohnya tes matematika, deret angka, baris angka dan huruf,tes matematika berpola dan tes angka berkolom.

3. Tes Kemampuan Penalaran

Tes ini berfungsi untuk mengetahui seberapa efektif penalaran dan memecahkan masalah oleh calon pelamar dengan kriteria logis dan masuk akal. Contonya yaitu tes penalaran logis dan analitis.

4. Tes Kemampuan Spasial

Tes Ini berfungsi untuk mengukur calon pemalar sejauh mana kemampuan daya logika ruang yang dimilikinya. Contohnya tes Pola gambar,jaring-jaring gambar, tes klasifikasi gambar, tes analogi gambar, tes gabungan gambar dan tes jumlah balok.

5. Tes Karakteristik Pribadi

Tes Ini berfungsi untuk mengenal aspek kepribadian calon pelamar, seperti emosi,kemandirian,daya juang, motifasi,kepercayaan diri,sosialisasi, ketelitian, kecepatan kerja. Contohnya tes skala kematangan, tes pauli & kraplien, tes DAP, Tes gambar pohon, tes gambar orang, tes wartegg, tes SSCT, tes Doodle, tes ketelitian, tes memori, tes papikostik, tes MBTI tes DISC, tes Enneagram, Tes EPPS dan tes army alpha.

6. Tes Kemampuan Umum

Tes ini biasanya seperti tes bahasa indonesia,bahasa inggris,sejarah,geografi, tata negara dan pemerintahan.

Selain digunakan untuk melamar menjadi karyawan perusahaan (swasta/BUMN) sebuah tes juga sering di gunakan untuk masuk perguruan tinggi maupun swasta, Seleksi masuk program pascasarjana dan seleksi untuk CPNS.