Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Sukses Taklukan Psikotes Logika yang Rumit

Bisa dikata, psikotes logika adalah bagian yang rumit dari tes psikotes jika dibandingkan dengan beberapa tes yang lain. Tes psikotes biasanya diadakan untuk seleksi pegawai yang diadakan oleh instansi baik itu negeri maupun swasta. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui bagaimana tipe kepribadian dari para pelamar. Tentunya, instansi akan mencari calon pegawai yang paling dekat kriterianya sesuai dengan ekspektasi instansi.
Psikotes Logika
Saat menjalani psikotes, ada setidaknya 5 tipe soal yang harus diakrabi menjelang tes, sebut saja tes analog verbal, tes logika aritmetika, tes Wartegg, tes koran dan sebagainya. Dan, psikotes logika adalah salah satu tes yang paling sulit. Biasanya, kesan saat kali pertama menghadapi sub tes yang satu ini adalah sulit, penuh angka, banyak soalnya, kapan selesainya, dan sebagainya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut kiat taklukkan psikotes logika yang efektif dan efisien.

1.     Percaya Diri

Pertama-tama, pastikan bahwa diri Anda percaya diri saat sedang menghadapi tes. Cobalah untuk meningkatkan rasa percaya diri itu dengan rasa yakin bahwa Anda bisa melaluinya, Anda bisa mengerjakannya dengan baik, tidak down dan tidak nervous selama mengerjakan. Sikap mental yang demikian penting untuk dimiliki sebelum mengikuti tes. Ya, mentalitas yang kuat akan memberikan rasa tenang selama mengikuti tes sehingga Anda bisa maksimal dalam calling memory terkait materi persiapan tes. Tidak semua orang mampu dengan mudah mengubah rasa nervous dan minder tersebut, namun tidak ada yang tidak mungkin dengan cara konsisten mencoba.   

2.     Perbanyak Latihan

Yup, penting bagi Anda untuk memperbanyak latihan sebelum mengerjakan bagian psikotes yang satu ini. Kenapa? karena belajar materi tersebut jauh-jauh hari akan membuat Anda lebih familier dengan jenis soal itu dan bagaimana cara penyelesaiannya. Seperti yang kita tau bahwa jenis soal psikotes berbeda dengan materi-materi yang ada di sekolahan. Menurut pengalaman mereka yang mengikuti tes ini, sebagian tes khususnya bagian psikotes logika sangatlah rumit jika memang tidak pernah diakrabi sebelumnya. Namun, semakin Anda akrab dengan tipe soalnya, Anda akan tau bagaimana cara menyelesaikannya dengan cepat, dan tepat waktu.

3.     Kerja Keras

Kerja keras adalah bekal penting dalam mencapai impian kita. Anda ingin menjadi bagian dari perusahaan bonafid namun Anda tidak maksimal dalam berusaha menaklukkan tesnya maka sama saja bohong. Cobalah bekerja keras dalam mengerjakan setiap materi tes termasuk bagian yang paling sulit, yaitu psikotes logika. Caranya adalah dengan memperbanyak referensi tes logika beberapa bulan sebelum mengikuti tes, dilanjutkan dengan mencari cara pemecahan dari masing-masing tipe soal yang ada dalam bagian tersebut, dan berlatih rutin setiap hari. Dengan kerja keras, Anda akan mencapai apa yang Anda harapkan. Persiapkan jauh-jauh hari agar hasil semakin maksimal.

4.     Usaha dan Doa

Usaha harus beriringan dengan doa. Ikhtiar dilakukan oleh manusia, dan Tuhan yang akan menentukan bagaimana hasilnya kelak. Fokuslah pada usaha Anda dan berpikir positif bahwa dibalik usaha yang maksimal akan ada hal yang menyenangkan. Libatkan Tuhan dalam setiap kesempatan.

Banyak orang yang gagal saat menghadapi psikotes logika karena kurangnya persiapan mental dan material. Psikotes logika adalah bagian yang cukup sulit dalam psikotes yang harus ditaklukkan agar nilai yang dicapai maksimal. Perlu usaha ekstra agar Anda semakin terbiasa dengan jenis soal yang satu ini dan tau bagaimana cara mencari solusinya.