Contoh Soal Deret Aritmatika dan Trik Pengerjaan Cepatnya

Mengerjakan contoh soal deret aritmatika akan membantu anda untuk menyelesaikan soal deret artimatika dengan lebih mudah. berikut ini adalah beberapa contoh soal dan cara pengerjaannya yang cepat.

Rumus cepat mengerjakan soal deret artimatika

Sebetulnya di sekolah kita memang sudah diajarkan untuk mengerjakan rumus deret aritmatika. Tapi rumus yang bisa kita gunakan di sekolah sangat panjang. bagi anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mengerjakan psikotes kerja pastinya akan sulit untuk menggunakan dan mengingat-ingat rumus tersebut. oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai rumus pengerjaan deret aritmatika yang lebih singkat sehingga lebih mudah dan lebih cepat untuk digunakan.

Soal Deret Artimatika

Dalam soal deret aritmatika, biasanya kita akan di berikan soal berupa 2 angka dalam deret aritmatika yang diketahui dan 1 angka yang dicari. Untuk menyelesaikannya biasanya digunakan rumus :

Un = a + (n-1)b,

dimana :

Un = suku yang dicari

a = suku pertama dari deret

n = nilai urutan

b = selisih angka dalam deret

Rumus di atas memang terlihat simple. Tapi di dalam rumus yang simple tersebut kita harus mencari suku pertama dalam deret atau a dan juga selisih angka dalam deret atau b. hal ini membuat pengerjaan contoh soal deret aritmatika menjadi sangat panjang. tapi jika anda menggunakan rumus ini maka anda tidak perlu lama mengerjakan karena modifikasi rumus ini lebih lebih singkat karena hanya anda hanya perlu mencari nilai b atau nilai selisih angka dalam deret saja! sangat mudah bukan? lalu bagaimana caranya?

Untuk rumus yang dapat digunakan untuk mengerjakan dalam waktu yang lebih singkat adalah :

Un2 - Un1 = ( n2 - n1 ) b

dimana :

Un1 : nilai terkecil yang diketahui

Un2 : nilai lain yang diketahui selain Un1

n2, n1= posisi nilai yang diketahui

Dari rumus di atas anda hanya perlu mencari nilai b untuk mengerjakan deret artimatika yang ada di hadapan anda.

Contoh deret aritmatika dan cara pengerjaannya dengan rumus baru

Di atas telah diberikan penyelesaian contoh soal deret aritmatika yang lebih singkat dari rumus yang diajarkan disekolah, lalu bagaimana penggunaannya? Berikut adalah ulasannya.

·         Contoh soal :

U5 = 6, U10 = 16, berapakah U20?

·         Dari soal di atas diketahui :

Un1 = 6

Un2 = 16

n1 = 3

n2 = 10

·         penyelesaiannya :

Un2 - Un1 = ( n2 - n1 ) b

16 - 6 = ( 10 - 5 ) b

5 b = 10

b = 2

jika b = 2 maka, u 20 adalah :

U20 - U5 = ( 20 - 5 ) 2

U20 = 6 + 30

U20 = 36

bagaimana Cara pengerjaannya cukup simple dan memakan waktu yang sangat singkat bukan? pengerjaan penyelesaian tahap 2 dalam pencarian U20 ini juga bisa dilakukan dengan mengganti U5 dengan menggunakan U10 yang memiliki nilai 16 seperti berikut :

U20 - U10 = ( 20 - 10 ) 2

U20 = 16 + 20

U20 = 36

Meski begitu nilai yang dihasilkan akan sama saja. hal ini membuktikan bahwa contoh soal deret aritmatika bisa diselesaikan dengan menggunakan rumus yang singkat dan mudah tersebut. jika ada yang mudah untuk apa cari yang susah?

0 Response to "Contoh Soal Deret Aritmatika dan Trik Pengerjaan Cepatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel