Rahasia Menyelesaikan Psikotes Gambar Pohon, Saya Yakin Lolos Tes

Pada saat tes psikotes kerja banyak menjumpai namanya Tree Test (Tes Gambar Pohon) dan biasannya teman-teman bingung mau menggambar apa. Saat diberi petunjuk soal biasanya disuruh gambar pohon yang berkayu dan ada bebarapa pohon yang tidak boleh di gambar seperti pohon kelapa, pohon pisang,bambu, semak belukar, dan pohon berjenis monokotil. Setelah menggambar diharuskan menuliskan nama pohon tersebut di bagian samping atau di kertas sebaliknya.

Bagus dan tidaknya gambar bukah hal yang jadi prioritas penilaian lolos tidaknya karena Tes gambar orang bukan tes kemampuan menggambar. Sebenarnya apa tujuan tes dari Tree Test (Tes Pohon), Tujuan gambar peserta test untuk menggambar pohon yaitu untuk menggali kepribadian, setiap tarikan garis tebal dan tipis akan di lihat,di cermati dan dievaluasi oleh psikolog. Jadi hal yang harus dipersiapkan yaitu gambarlah pohon semirip dengan pohon yang dimaksud.

Meskipun teman-teman tidak pandai menggambar, tapi khususnya untuk tes ini harus berlatih menggambar. Sebaiknya sebelum anda tes mencari terlebih dahulu pohon apa yang akan di gambar pada saat psikotes,kemudian berlatihlan menggambar tersebut. Paling tidak sudah penah mencoba menggambar dan apabila pada saat tes gambar pohon sebernarnya tidak gerogi karena sudah pernah latihan sebelumnya. Kemudian apa yang harus digmabar, teman teman bisa mengikuti saran saya akan saya tulis di artikel palih bawah sebagi referensi.

Tentang Tree Tes (Gambar Pohon)

Tes psikotes ini ditugaskan untuk menggambar pohon dengan kriteria khusus. Ada 2 versi untuk tes ini. Versi pertama, Para peserta tes diminta untuk menggambar pohon berkambium,bercabang dan berbuah. Tetapi perserta tes tidak diperbolehkan menggambar pohon bambu,pisang,semak, ataupun tanaman monokotil lainnya.

Versi kedua, Para calon karyawan diharuskan menggambar pohon berkayu tanpa kriteria yang jelas, namun merujuk tanaman dikotil.  Versi ini juga sama tidak boleh menggambar pohon jenis bambu, pisang dan semak belukar.

Baum test atau dikenal juga sebagai tree test (Tes Pohon). Model tes seperti ini di kembangkan oleh Karl Koch. Para psikolog yang ditunjuk kemudian akan mengevaluasi aspek yang berbeda pada gambar yang sudah di gambar untuk menggali lebih dalam lagi kepribadian dan karakter orang tersebut. Sebenarnya ada 59 aspek yang akan dilihat dari tes psikotes ini. Termasuk diantaranya akar,batang,cabang,cabang pohon,pucuk, daun-daun,lubang dalam sebuah pohon.

Setelah mengetahui fungsi tes gambar orang ini kalian mungkin sedikit paham ingin menggambar apa nantinya. Untuk saran saya apabila ingin menggambar pohon gambarlah Pohon Mangga, Pohon Nangka Dan Pohon Rambutan. Jangan lupa apabila menggambar pohon harus lengkap seperti akar,daun, buah dan sebagainya. Apabila teman-teman ingin mengusulkan gambar yang kira kira lolos untuk psikotes bisa dituliskan dikolom komentar untuk membantu teman-teman yang lain yang masih kesusahan dalam menggambar. 

0 Response to "Rahasia Menyelesaikan Psikotes Gambar Pohon, Saya Yakin Lolos Tes "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel