Cara Interview yang Baik dan Benar

Cara interview yang baik dan benar memang cukup penting untuk di bagikan karena informasi seperti ini tentu selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Ketika ingin memasuki dunia baru tetu terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan agar nantinya ketika melakukan interview kerja bisa memberikan penampilan yang maksimal. Dengan begitu maka anda bisa mendapatkan penilaian yang baik dari pihak atau tempat anda melamar pekerjaan tersebut.

Persiapan Menjelang Interview Itu Penting

Sebelum memutuskan untuk merekrut karyawan baru, tentu terdapat tahap – tahap yang dilakukan. Salah satunya yaitu tahap interview. Interview ini dilakukan untuk menjaring calon karyawan yang memang sesuai dengan kriteria yang dicari oleh perusahaan. Biasanya interview ini bisa berupa tes psikotes maupun sesi wawancara dimana dalam tahap wawancara ini pihak HRD yang mewakili perusahaan tersebut bisa mengetahui kepribadian dari si pelamar pekerjaan. Dengan begitu maka bisa dijadikan sebagai acuan tambahan untuk menentukan apakah si pelamar akan diterima atau tidak.
Meskipun persiapan yang dilakukan sebelumnya sudah matang, namun ketika proses interview atau psikotes anda melakukan kesalahan maka tidak menutup kemungkinan bisa membuat anda tercoret dari daftar kandidat calon karywan.

Poin Penting yang Harus Dipersiapkan Menjelang Interview

Sebagai seorang pelamar pekerjaan tentunya anda harus mempersiapkan banyak hal agar ketika melakukan proses interview nantinya, anda bisa menunjukkan performa yang terbaik sehingga pihak atau perusahaan yang anda lamar akan terkesan dengan penmpilan anda. berikut ini adalah beberapa cara interview yang baik dan benar yang perlu anda simak.

·         Mempersiapkan Mental

Mental dan psikologis yang stabil akan sangat menentukan. Karena kecemasan dan ketakutan berlebih akan membuat anda terlihat gugup sehingga bisa menganggu jalannya interview. Oleh sebab itu, usahakan anda menenangkan diri anda agar tidak grogi ketika berhadapan langsung dengan HRD.

·         Kenakan Pakaian Formal

Cara interview yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan mengenakan pakaian formal. Bisa berupa atasan kemaja saja atau bisa juga ada tambahkan dengan jas. Kemudian untuk bawahan bisa menggunakan celana panjang dan untuk wanita bisa menggunakan rok. Usahakan penampilan anda rapi dan formal.

·         On Time

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, tentu anda haruslah ontime atau tepat waktu. Jangan sampai membiarkan mereka yang menunggu kedatangan anda. bisa juga anda bisa datang lebih awal agar nantinya anda tidak panik dan terburu – buru.

·         Bersikap dan Berucaplah yang Sopan Namun Tetap Tegas

Mengingat anda adalah calon karywan maka anda wajib untuk berlaku sopan. Baik itu sopan dalam berpakaian, bersikap maupun berucap. Namun meskipun begitu, anda juga harus tegas agar anda tidak dicap sebagai orang yang klemak – klemek alias tidak sigap dalam bekerja.

·         Usahakan tetap Rileks dan Tenang

Interview tentu membuat siapa saja akan panik, takut dan cemas. Bahkan tak jarang kecemasan tersebut akan terlihat jelas dari raut wajah. Sehingga tanpa disadari membuat anda gagap dalam berbicara. Usahakan anda tetap rileks agar sikap tenang anda membuat mereka yakin bahwa anda bisa diajak bekerjasama secar team dengan baik.

·         Jangan Berbelit – belit Dalam Menjawab Pertanyaan

Cara interview yang baik dan benar adalah dengan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan santai, tegas, lugas namun singkat dan padat. Anda tak perlu memberikan jawaban panjang lebar yang hanya akan menghabiskan waktu saja.

·         Tunjukkan Sikap Antusias

Antusias merupakan pertanda bahwa anda bersemangat. Hal ini menunjukkan bahwa anda termasuk orang yang bersemangat dalam bekerja. Jadi jangan terlhat loyo ketika menjawab pertanyaan yang diajukan dalan sesi wawancara.

·         Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Cara interview yang baik dan benar yang terakhir anda ucapan rasa terima kasih. Meskipun tidak tahu akan diterima atau tidak, namun sebaiknya anda tetap wajib mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada anda. kesempatan untuk memperkenalkan diri anda dan juga menunjukkan kemampuan yang anda miliki. Yakinkan bahwa anda memang yang terbaik.

0 Response to "Cara Interview yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel