Inilah Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Tips Menjawabnya!

Pertanyaan interview kerja fresh graduate adalah hal yang penting untuk dipelajari sebab fresh graduate biasanya belum memiliki cukup banyak pengalaman di dunia kerja. Berikut cara untuk mengatasinya. 

Tipe pertanyaan pembuka

Pertanyaan pembuka interview pada umumnya berkaitan dengan nama dan identitas diri lain seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, transportasi yang digunakan ke tempat kerja, sumber info lowongan, dan kriteria pada lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Fungsi dari pertanyaan pembuka ini adalah untuk memastikan data yang sebelumnya Anda berikan benar dan valid. Pertanyaan pembuka ini biasanya masih bersifat ringan dan disampaikan secara santai. Meski begitu, Anda harus menjawabnya dengan sikap yang antusias dan semangat. Terkadang, pada tahap pembukaan pewawancara memberikan pertanyaan untuk mengetahui kemandirian dari si pelamar. 

Pertanyaan latar belakang pribadi

Tipe pertanyaan selanjutnya yang diajukan untuk fresh graduate adalah tentang latar belakang pribadi. Pertanyaan ini bisa berhubungan dengan keluarga, status pernikahan, atau kegiatan yang dilakukan setelah lulus kuliah. Tips penting untuk bisa menjawab dengan sukses pertanyaan tersebut adalah dengan memberikan jawaban sesuai fakta. Anda boleh menjawab secara singkat, namun pastikan bahwa informasi yang disampaikan jelas dan bisa dimengerti oleh pewawancara. Jangan mudah terpancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat latar belakang pribadi dan hindari bercerita panjang lebar apalagi curhat kepada pewawancara. 

Pertanyaan latar belakang pendidikan

Pewawancara juga pasti akan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan. Pertanyaan ini berfungsi untuk memastikan bahwa latar belakang pendidikan Anda memang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, pewawancara pun akan bertanya tentang alasan Anda dalam memilih jurusan pendidikan. Ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar rasa percaya diri pelamar terhadap keputusan yang sudah diambilnya. Untuk itu, jawaban yang diberikan harus menunjukkan bahwa Anda benar-benar yakin. Jika sebelumnya salah memilih jurusan, sebisa mungkin hindari mengeluh atau menyesal karena ini bisa membuat pihak HRD ragu untuk menerima Anda. 

Pertanyaan sesuai jenjang pendidikan

Ada beberapa tipe pertanyaan untuk fresh graduate yang berkaitan tentang aktivitas selama Anda masih berada di lingkungan pendidikan. Sebagai contohnya seperti “Apa saja aktivitas yang Anda lakukan selama di kampus?” Tipe pertanyaan lain yang kerap diajukan adalah “Setelah lulus kuliah, kesibukan apa yang Anda jalani?” Terkadang pewawancara juga menyuruh Anda untuk menceritakan sedikit tentang proses kelulusan seperti “Anda lulus kuliah terbilang cepat. Bisa ceritakan bagaimana prosesnya?”

Pertanyaan lain yang muncul berhubungan dengan penghargaan Anda terhadap apa yang sudah dilakukan, misalnya “Prestasi apa yang pernah Anda raih?” Pihak HRD juga biasanya akan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pengalamanmu terhadap bidang yang sesuai seperti “Bisa ceritakan pengalaman saat magang?” Untuk menghadapi tipe pertanyaan seperti ini, maka jawablah dengan yakin dan semangat serta tunjukkan bahwa Anda pernah mencapai sesuatu dengan usaha yang keras. 

Pertanyaan berkaitan dengan perusahaan

Sebagai pelamar kerja, Anda harus membekali diri dengan informasi seputar perusahaan tempat Anda melamar kerja. Hal ini bisa menambah nilai plus pada diri si pelamar kerja. Cari informasi terkait dengan bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan, sejarahnya, serta rincian tanggung jawab dari posisi yang Anda lamar sebelum Anda menghadapi proses wawancara kerja. Dengan mencari informasi-informasi penting mengenai perusahaan tersebut, maka Anda pasti akan bisa menjawab tipe-tipe pertanyaan interview kerja fresh graduate dengan benar dan mudah. 

0 Response to "Inilah Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Tips Menjawabnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel