Beberapa Pertanyaan Psikologi dan Jawabannya

Hampir semua proses penerimaan pegawai baru di setiap perusahaan harus melalui proses yang dinamakan tes psikologi dan beberapa contoh pertanyaan psikologi dan jawabannya merupakan hal yang dicari oleh setiap calon pekerja.



Pentingnya Tes Psikologi Calon Karyawan Bagi Perusahaan

1. Tujuan dilakukannya tes psikologi ini adalah untuk memastikan pihak perusahaan mendapatkan beberapa informasi penting mengenai calon pegawai yang mungkin tidak bisa didapatkan hanya pada proses interview.

2. Perusahaan dapat mengetahui apakah calon pegawai tersebut memiliki motivasi yang baik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Perusahaan dapat mengetahui apakah calon pekerja memiliki tingkat intelegensi yang pas yang di inginkan perusahaan.

4. Perusahaan dapat mengetahui pemetaan yang pas kepada calon pekerja untuk ditempatkan di departemen atau bagian yang mana dalam perusahaan tersebut untuk mendapatkan the right man on the right place.

5. Berkaitan dengan edisi promosi maka dengan tes psikotes bisa diketahui apakah terjadi kondisi perkembangan dari pihak pegawai dari segi intelegensinya dan juga dari segi prilaku (attitude) nya.

Jenis-Jenis Tes Psikologi Yang Sering Dilakukan

1. Tes Psikologi - Logika Aritmatika.

Tes ini merupakan tes dalam bentuk deret angka yang mana memiliki kecenderungan susunan dan pola tertentu dan tugas peserta adalah melanjutkan susunan angka selanjutnya yang polanya cocok.

2. Tes Psikologi - Logika Penalaran.

Tes ini hampir mirip dengan tes logika aritmatika, dimana tujuannya kita memahami pola gambar yang ada pada setiap soal dan tugas  dan tugas peserta adalah mencari bentuk gambar selanjutnya.

3. Tes Psikologi - Analog Verbal

Tes ini biasanya terdiri dari 40 soal berkaitan dengan tes antonim atau sinonim dari beberapa kalimat yang disampaikan. Jadi kesimpulan di kalimat pertama diikuti oleh kesimpulan yang sejenis di kalimat kedua.

4. Tes Psikologi – Kraeplien atau Pauli

Tes ini memang terkenal cukup meletihkan dimana peserta tes diharuskan menjumlah angka yang tersusun berbaris dari atas sampai bawah dan dalam satu kertas bisa terdiri dari puluhan baris angka dimana tugas peserta harus menjumlahkan angka yang berdekatan dan menuliskan jumlahnya disampingnya.

5. Tes Psikologi - Wartegg Test

Pada tes ini peserta diminta menggambar dengan melanjutkan bentuk awal yang sudah diberikan di 8 kotah yang tersedia. Bentuk awal yang tersedia pada kotak-kotak tersebut ada kotak yang isinya hanya 1 titik saja, ada yang terdapat tiga garis yang berbaris, ada juga gambar lengkungan dan ada juga gambar kotak hitam yang kecil.

6. Tes Psikologi - Draw A Man Test (DAM)

Pada tes ini peserta akan diminta menggambar seorang sosok manusia, bisa dirinya sendiri atau orang lain dan setelah itu tugas berikutnya adalah deskripsikan siapakah orang tersebut, jenis kelaminnya, berapa usianya dan apa pekerjaanya.

7. Menggambar Pohon

Pada Tes ini peserta akan diminta menggambar pohon yang berakar, bercabang dan berbuah namun ada bebeapa larangan pohon yang tidak boleh digambar seperti pohon kelapa dan pohon beringin.

Contoh Tes Psikologi Bagi Seleksi Pegawai Baru

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan psikologi dan jawabannya

1. Contoh soal Sinonim atau Persamaan Kata

Merdeka =

Bebas         B. Luas        C. Pesta     D. Hiruk

Jawabannya Sinonimnya adalah A (Bebas)

2. Contoh soal Antonim atau Lawan Kata

Preman >< . . .

Mafia        B. Pengawal        C. Dinas    D. Pengemis

Jawabannya Antonimnya adalah C (Dinas)


3. Contoh Soal Tes Analogi atau Analisis Logis

Ibu : Kebaya =

Bapak : Jas        B. Anak : Mainan    C. Pria : Celana        D. Malam : Bulan

Jawabannya adalah A (Bapak: Jas)

4. Contoh Soal Tes Numerikal

Jika 4 3 8 6 16 12 maka angka selanjutnya adalah . . .

48     B. 78        C. 32        D. 49

Jawabannya adalah C (32)

0 Response to "Beberapa Pertanyaan Psikologi dan Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel