Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal Penting Untuk Meraih Sukses Mengerjakan Psikotes Deret Angka

Soal psikotes deret angka seringkali menjadi momok karena memiliki kesulitan tersendiri. Selain faktor ketelitian, logika matematika saat melihat deretan angka yang memiliki keterkaitan tertentu membuat banyak orang mengalami kesulitan mengerjakan jenis tes ini. Meskipun begitu, kemampuan mengerjakan psikotes dengan jenis soal tersebut ternyata dapat dipelajari dan dilatih. Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat dicoba untuk dipraktekkan ketika menjalani psikotes dengan tipe soal deret angka.

Dibalik Psikotes Dengan Soal Deret Angka

Soal psikotes digunakan untuk menguji dan menilai kontrol psikologi seseorang yang menjalani tes. Hasil dari penilaian tersebut dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan, sikap, kepribadian dan juga ketertarikan seseorang. Pada sebuah psikotes untuk menguji calon tenaga kerja atau karyawan; komponen – komponen penilaian tersebut kemudian akan digunakan sebagai variabel untuk menentukan cocok tidaknya pelamar dengan jenis pekerjaan yang diinginkan.


Salah satu jenis soal dalam psikotes yang bertujuan mengukur tingkat kecerdasan ataupun sebagai bagian dari seleksi penerimaan pegawai adalah psikotes deret angka dan huruf. Tes ini memiliki tujuan khusus berupa mengukur tingkat ketelitian atau kecermatan serta kecerdasan dalam memahami logika matematika. Kemampuan seseorang melakukan analisis dan memecahkan masalah juga dapat dinilai melalui jenis tes ini.

Beberapa Tips Mengerjakan Soal Psikotes Berupa Deret Angka

Tes deret angka atau logika aritmatika secara khusus menuntut kemampuan analisis untuk menemukan hubungan antar angka yang ada di dalam sebuah deret dengan operasi aritmatika. Menemukan hubungan antara angka pertama, kedua dan selanjutnya merupakan hal yang paling penting untuk mengerjakan soal ini. Psikotes dengan soal deret angka dapat dipelajari dan kemampuan mengerjakan soal juga dilatih dengan metode – metode tersebut.

· Salah satu hal terpenting dalam mengerjakan psikotes adalah ketenangan dan kepercayaan diri. Mengerjakan soal dengan kepercayaan diri rendah ataupun tergesa – gesa dapat menurunkan ketelitian.

· Perhatikan waktu atau durasi pengerjaan soal; ada baiknya untuk tetap tenang meski mengetahui waktu yang dimiliki untuk mengerjakan soal terbatas.

· Ada baiknya untuk berlatih mengerjakan soal – soal yang selama ini menjadi kesulitan ataupun ditakuti. Ada banyak sumber soal – soal psikotes deret angka ataupun jenis psikotes lain yang dapat dipelajari.

· Kebanyakan psikotes dengan soal deret angkat berkaitan dengan deret hitung ataupun deret ukur. Ada baiknya untuk mempelajari kedua jenis deret tersebut.

· Selain deret ukur dan hitung; soal deret angka juga berkaitan erat dengan pola – pola tertentu berupa kelompok angka berurutan ataupun kelompok angka yang meloncat dengan selisih tertentu.

· Menemukan hubungan antar angka yang ada dalam deret dapat dilakukan dengan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian.

· Fokus dan konsentrasi menjadi hal yang sangat penting; bahkan meski telah mengetahui waktu untuk mengerjakan soal terbatas.

· Meski harus fokus; meninggalkan soal yang sulit dipahami tetap dapat dilakukan agar tidak kehabisan waktu ketika masih ada soal lain yang sebenarnya lebih mudah untuk dikerjakan.

· Jangan lupa untuk membaca lagi soal – soal yang ada beserta jawabannya jika masih ada waktu tersisa.

Bagian terpenting dari keberhasilan mengerjakan psikotes deret angka adalah melatih kemampuan analisis untuk menemukan hubungan antara angka pertama dengan angka – angka setelahnya. Berlatih mengerjakan contoh – contoh soal dengan tipe serupa dapat menjadi sebuah pilihan. Keberhasilan lolos psikotes juga sangat dipengaruhi oleh ketenangan dan ketelitian; termasuk dalam menulis nama dan nomor tes secara jelas di kolom yang telah disediakan pada lembar jawab.