Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun 2023 Apakah Jadi Panggung Loker Palsu / Hoax ??? Hati-hatilah Para Pencaker

Semakin kesini semakin banyak orang yang tertipu dengan modus lowongan kerja, Hampir setiap hari saya lihat ada yang dapet panggilan penipuan. Siapakah yang disalahkan kalau seperti ini, sayapun sudah berusaha agar tidak masuk keperangkap penipuan ini. Tetapi kadang penipu lebih cerdas dari para pelamarnya.


Sebagai orang biasa saya tidak bisa stop namanya penipuan lowongan kerja, saya hanya bisa bilang jangan asal lamar kerja jaman sekarang. Pastikan lowonganya benar baru kita lamar, tetapi apa yang terjadi jaman sekarang. Banyak yang lamar tampa lihat keaslian lokernya, asal lamar saja entah itu di website ataupun media sosial. Kalau semua ada tulisan loker terus kita lamar bukan tidak mungkin ada loker loker palsu yang kita lamar. Percayalah loker dari sumber perushaan langsung bisa dari website resminya atau akun media sosial resminya. Apabila lihat loker cuma tulisan,jangan buru buru lamar, tanyain yang ngasih loker, dari mana dapet lokernya??? kalau ga bisa menjawab jangan buru buru percaya. Pastikan semua loker bersumber dari hrd perushaan. Kalau cuma tulisan lowongan kerja sayapun bisa bikin lowongan kerja palsu.

Bahayanya apa si apabila kita salah lamar???

Apabila kita salah melamar kerja yaitu loker yang palsu, yang jadi taruhan adalah berkas atau data diri kalian. sadar ga sadar kita menyerahkan secara sukarela data data penting kepada orang tidak bertanggung jawab. data itu  buat apa??? data yang kalian kasih untuk kepentingan meraka masing masing, saya tidak bisa menyebutkan satu persatu.

Bahaya selanjutnya bukan di data diri tetapi uang kalian lenyap tapi tidak kerja kerja. seperti suruh transfer bayar travel dulu,bayar adm pendaftaran dulu lah. untuk menyakinkan dikasih keterangan akan di ganti sama perusahaan.

Bahaya selanjutnya Akun media sosial kalian di hack atau diambil alih. Makanya jangan heran orang orang pada ilang akun media sosialnya gara gara mengisi lowongan kerja. Lah kok bisa ??? seorang hack bisa juga ngsih link jebakan dengan cara modus lowongan kerja, pada saat kalian klik link biru tersebut si hacker tersbut bida ambil alih akun kalian.

Yang terjadi baru baru ini gara gara ngasih email dan password secara sukareala, sudah ada laporan 2 korban, semoga selanjutnya tidak ada lagi. Berawal dari sebuah lowongan kerja lewat google form yang di share media sosial, kemudian diform tersebut di suruh mengisi email sama paswordnya. Dengan gampangnya si penipu dapet email kalian sama pasword tampa hack. sebelum ini kejadian sudah saya bikin artikel sebelum ini point nomer 4 yaitu jangan memberikan email sama password kesiapapun. Tetapi ya sudahlan sudah terjadi, saya harap ini menjadi pelajaran bagi kita semua.

Ada bebrapa tips biar kita emailnya aman pada saat lamar via google form.

- Akun gmail yang buat lamar via google form saya harap pengamanan harus kuatdiverivikasi 2 langkah aktif agar tidak mudah di ambil akunya walaupun sudah tahu paswordnya.

- Apabila untuk melamar kerja saya harap akun yang tidak menyambung media sosial. apabila email kita kena akun media kita masih bisa terselamatkan.

- Apabila melamar website resmi perusahaan jangan gunakan juga akun utama kalian dan apabila suruh registrasi dulu bikin pasword jangan sama seperti akun email kalian. untuk antisipasi website itu penipuan.

Semoga bermanfaat dan harap hati hati karena penipu didepan mata, tinggal pinter pinter kita apakah mau masuk perangkat apa tidak. Bagi pasukan random email tidak usah kuatir akan saya pantau terus, jangan lupa ada loker share ada panggilan share... terimaksih